Jumat, 15 Oktober 2010

arsitektur italia















(gambar 1.1)
Cliveden: Italia Barry'S, Neo-Renaissance rumah besar dengan " sindiran tentang putri dari pedagang italia yang materialistis”

Gaya arsitektur italia pertama kali dikembangkan oleh Yohanes Nash di Inggris pada tahun 1805 sebagai kemajuan menyangkut pergerakan yang indah, dengan konstruksi Cronkhill di dalam Shropshire. Banguanan ini awalanya adalah rumah desa yang kecil dan lama kelamaan dipakai oleh masyarakat umum sebagai vila model Italia yang pertama di Inggris, yang mana diperoleh dari arsitektur Italia pada akhir dan awal jaman Victorian.

Gaya Italia pertama kali dipopulerkan dan dikembangkan lebih lanjut oleh arsitek Charles Barry pada tahun 1830s. Gaya Italia Barry'S beruapa gambaran yang menarik dengan motif yang terkesan berat pada atas bangunan Renaissance Italia, konsep ini, kadang-kadang berselisih dengan Italia vila semi-rustic Nash'S, yang mendesain apa yang disebut sebagai gaya Italia. Gaya Italianante tidak terbatas pada Inggris dan dipekerjakan di dalam bermacam-macam format, lama setelah kemunduran gaya ini setelah pernah tenar di dalam Inggris, sepanjang Eropa utara dan Kerajaan Britania. Pada tahun 1840s gaya Italia mencapai ketenaran sangat besar di dalam Amerika Serikat, di mana gaya ini dipromosikan oleh arsitek Alexander Jackson Davis

Gaya Italia di Inggris















(gambar 1.2)
Neo-Renaissance: Rumah ossborne yang diselesaikan 1851. Suatu rumah besar Palladianyang diberi nama " Perawatan Italia" dengan penambahan dari suatu menara untuk melihat sekitar halaman.

Suatu awal tentang pengembangan gaya arsitektur Nash'S gaya Italia adalah perancangan Taman Sandrige pada tahun 1805 pada Stoke Gabriel di Devon. Bangunan ini dikerjakan atas nama janda terhormat Nyonya Ashburtoni, rumah kecil ini dengan jelas menunjukkan transisi antara untuk gaya yang indah William Gilpin dan Gaya Italia Nash'S. Rumah ini mempunyai gaya informal dengan denah asimetrikal yang ditekankan pada balkon dan batang kayu ataupun kedua-duanya dengan menggunakan besi tempa dan batu menara dan atap dibuat rendah mengikuti secara penuh gaya Italia dan bangunan ini adalah contoh pertama gaya Italia di inggris.











(gambar 1.3)
Vila Emo Palladio,1559. Vila Italia yang agung adalah suatu titik awal untuk bangunan dari abad 19th gaya Italia.

Contoh lainnya yang menyangkut Gaya Italia dalam Inggris adalah gaya bangunan yang cenderung untuk mengambil format dari gaya Palladian yang sering membangun suatu menara untuk melihat sekitar menara dan bangunan sekitarnya lengkap dengan unsur Renaissance pada tingkatan atap. Bangunan ini biasanya sering menggunakan motif Italia dibandingkan dengan motif gotik ataupun motif gaya arsitektur yang lainnya.

Tuan Charles Barry, terkenal akan pekerjaan arsiteknya pada bangunan gaya Tudor dan Langgam gotik pada rumah Parlemen di London, meruapan salah satu penyelenggara gaya italia ini. Tidak sama dengan Nash yang menemukan inspirasi nya di dalam Italia sendiri. Barry lebih mengutamakan mendesain bangunan dengan desain yang terkesan berat pada disain Vila Roma, Lazio dan Veneto atau sebagai ia meletakkannya: "... karakter mempesona dari vila Italy". Dan yang paling melukiskan bagaimana desain yang ia buat terdapat pada rumah besar Cliveden (illistrated di atas). Walaupun demikian telah diklaim bahwa salah satu diantara ketiga bangunan tersebut menggunakan unsur gaya klasik walaupun sebagiian besar tetap menggunakan gaya italia. Dan pada tahun 1855 gaya Italia mengalami kemunduran.

Thomas Cubitt, kontraktor bangunan London yang membangun dan menyatukan menyatukan bentuk klasik sederhana dengan gaya Italia seperti yang digambarkan oeh Tuan Charles Barry ke dalam banyak rumah di London dengan membuat teras pada bangunan rumah mereka. Cubitt merancang Rumah Osbourne di bawah arahan Pangeran Albert, dan Cubbit’s merancang ulang dua dimensi arsitektur yaitu gaya italia dan gaya klasik dalam rumah besar Pangeran Albert secara cuma-Cuma yang mana rumah ini nantinya akan menjadi inspirasi bagi sepanjang Kerajaan Britania.

Mengikuti gaya dalam desain rumah Osborne pada tahun 1851, gaya menjadi suatu pilihan disain yang populer untuk rumah susun yang kecil yang dibangun oleh industriawan yang kaya dan baru. Banguanan ini kebanyakan dibangun di dalam kota besar yang keseluruhannya dikelilingi oleh kebun luas, yang dipersiapkan pada depan haman dan belakang halaman suatu bangunan. Pada suatu kesempatan yang sangat serupa, disain vila Italia ini akan dikalahkan oleh atap mansard. Dan pada tahun 1855 gaya Italia pun diganti dengan gaya Gotik dan Tudor dari pemerintahan Ratu Elizabeth.
Gaya Italia dalam Amerika Serikat










(gambar 1.4a)
Gaya arsitektur italia dalam perumahan










(gambar 1.4b)
Gaya arsitektur italia dalam rumah baris

Gaya Italia pertama kali diperkenalkan di Amerika serikat oleh Alexander Jackson Davis pada tahun 1840s sebagai suatu alternatif ke kebangkitan kembali Gaya Yunani atau Gotik. Blandwood, rumah besar Gubernur di Carolina Utara, yang diselesaikan pada tahun 846, klaim untuk contoh arsitektur Italia yang paling tua di Amerika Serikat. Awal suatu contoh dari arsitektur Italia, yang lebih ke perancangan arsitektur Nash daripada perancangan yang diilhamioleh Barry.

Italia ditafsirkan juga sebagai suatu gaya yang berasal dari susku pribumi bangsa italia yang membedakannya dengan gaya arsitektur lain adalah atap rumah yang terkesan kempes dengan bangunan yang luas. Suatu menara sering disatukan pada bangunan mengisyaratkan bahwa dari dalam menara kita bisa melihat sekitar Italia atau bahkan dari menara lonceng.

Secara Arsitektur gaya italia lebih populer dari gaya yunani pada tahun 1860. Ketenaran nya adalah dalam kaitan dengan asalnya yaitu menggunakan bahan-bahan dan anggaran pemba guna yang berbeda dengan bagunan yang lain. Seperti misalnya pengembangan besi-tuang dan press-metal teknologi membuat produksi untuk menghias unsur-unsur penting suatu rumah seperti tembok hiasan bangunan yang lebih efisien. Bagaimanapun, gaya ini digantikan pada tahun 1870 oleh gaya Ratu Anna dan gaya Kolonial.















(gambar 1.5)
The Breakers yang didesain oleh Richard Morris Hunt completed 1895

Bangunan bricker terletak pada Ochre Point Avenue, Newport, Pulau Rhode, adalah suatu rumah besar gaya 70an yang dirancang oleh arsitek itu Richard Morris Hunt untuk Cornellius Vanderbilt II. Yang dibangun Antara 1893 dan 1895, adalah lambang dari gaya Italia di Amerika Serikat. Eksterior dari bangunan ini merupakan gaya dari Renaissance Pallazo, konstruksinya terbuat dari baja yang tidak mengikat dan komponen kayu menggunakan teknik bangunan yang yang paling modern abad 19th dengan menggunakan cerobong asap.

Dari Gaya Italia " Bangunan bricker" dan gaya arsitekturnya telah diuraikan. Tetapi ada juga beberpa kritik yang mengatakan bahwa bangunan ini terobsesi pada gaya eropa yang historis dan menyesuaikan diri dalam bangunan rumah pribadi di Amerika Serikat ". Bagaimanapun, gaya bangunan Brikcker yang mengambil gaya Italia ini mengungkapkan suatu ungkapan tentang pemiliknya secara pribadi, penanaman, dan kekayaan dibanding gaya Arsitektur yang populer sekarang.

Gaya italia di Australia











(gambar 1.6)Kantor pemerintaha, Melbourne selesai pada tahun1876.















(gambar 1.7)
Stasiun kereta api Albury, New South Wales, Australia yang dibangun dengan gaya arsitektur italia pada tahun 1881.

Gaya Italia membuktikan bahwa gaya ini menjadi popular di Australia sebagai gaya arsitektur yang domestik. Arsitek William Wardell merancang Kantor Pemerintahan di Melbourne- sekarang tempat kediaman pejabat dari Gubernur Victoria- sebagai suatu contoh " cinta yang ditemukanuntuk Italia, Palladian dan arsitektur Venesia". Warna pastel dengan banyak corak Palladian; kecuali menara signorial dengan satu menara untuk melihat sekitar-dipersatukan pada sudut jalan yang bersiku oleh Thomas Belgravia Cubitt'S, London.

Persendian pada atap dibuat dengan sandaran balustraded. Blok utama diapit oleh dua sayap sekunder yang setangkup lebih rendah untuk menyokong dan sangat indah juka dilihat dari suatu pandangan bersudut. Ruangan yang besar dibagi dari blok utama menara untuk melihat sekitar menara. Ruangan yang lebih kecil, ruang dansa, dimasukkan melalui suatu porte-cochere columned yang dirancang sebagai tingkat tunggal prostyle serambi bertiang-tiang.

Dekorasi Interior











(gambar 1.8)
Rumah gubernur, melbourne . aulanya di dekorasi pada abad ke 19 dalam gaya italaianate.

Di dekorasi rumah ada paralel langsung untuk arsitektur " Italia" dengan penggabungan-pengulangan yang cuma-cuma tentang hiasan corak dari abad ke 16th arsitektur Italia dan object, yang mana semua objek dalam ruangan didesain dengan gaya abad 19. Lemari pakaian dan pembuat pakaian model italia berpakaian model italia jug. Begitu juga dalam arsitektur italia seperti halnya rumah baris. Gaya interior rumah ini di desain oleh Charles Eastlake. Di dalamtahun 1868 ia mulai mendesain mebel, taplak dan detail yang rumah seperti pada profil fan ukiran yang terletak pada langit-langit rumah gaya Italia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar